My Extraordinary Education Journey

Posted by Unknown - -



Uda lulus SMA mau ngapain?
Uda lulus SMA mau dilanjutin kuliah apa langsung kerja?
Uda lulus SMA mau kuliah dimana?
FAQ bgt deh kalo kmu uda lulus SMA. Kalau aku sih uda pasti dilanjutin kuliah, karena dalam pandangan aku lulusan SMA itu belum mempunyai keahlian apa-apa, meskipun banyak sih lulusan SMA namun dapat meraih kesuksesan. Tapi setidaknya saya tidak ingin dipandang rendah oleh orang lain kelak.

Prioritas utama saya adalah menjadi seorang Bidan, karena dengan materi yang tidak terlalu besar saya sudah dapat jaminan untuk langsung bekerja ketika lulus.
Namun karena sifat saya yang suka ikut-ikutan temen sama suka negative thinking dulu kalo berfikir (lebih baik mempersiapkan untuk menghadapi sekenario terburuk dulu, daripada langsung berbangga diri akan sesuatu yang belum pasti, ya kan?) pada akhirnya saya mencoba seleksi masuk 2 universitas negeri dan 2 politeknik negeri, dan alhamdulilahnya aku lulus semuanya, hah? gimana ceritanya? kok bisa? aku yg belum pernah dapet juara pertama di SMA kok bisa sesukses ini?

Well, biar aku terangin dulu kronologisnya ya...

  • Pertama waktu ada SNMPTN jalur Undangan, yang menuntut kestabilan nilai raport selama semester 3, 4, dan 5. Kaya temen-temen sekelas lainnya aku juga ikut-ikutan aja, Pilihan pertama ku waktu itu Ilmu Keperawatan UNPAD, dan pilihan kedua Statistika UNPAD. Dan pada akhirnya saya dinyatakan lulus pilihan pertama ILMU KEPERAWATAN UNPAD. Bersyukur bgt waktu itu, ampe nangis-nagis kesenengan, namun setelah mengalami rapat keluarga yang cukup melelahkan saya akhirnya memutuskan melepaskan kesempatan itu karena memang cuman iseng-iseng aja dan cita-cita saya dan ortu saya adalah saya menjadi Bidan.
  • Kemudian karena kesempatan bagus uda ditolak mentah-mentah, selama H-30 tes SNMPTN aku pun berusaha mati-matian belajar siang malem, mulai dari ikut bimbingan belajar setiap hari selama sebulan, Try Out yang gk ada abis-abisnya, sampai belajar sendiri dirumah paling tidak 8 jam setiap harinya, untungnya gak sampai collapse haha. Dan akhirnya jreng jreng hari H pun tiba, aku berusaha sebisaku untuk menjawab soal-soal yang disediakan. Univ yang aku pilih waktu itu adalah Teknik Informatika UIN Bandung dan Ilmu Komputer UPI (Berlatar karena aku suka main komputer, what a silly reason, dan karena nilai raport untuk pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) selalu yang paling besar diantara pelajaran lain). Dan tak disangka-sangka akupun lulus Tek. Informatika UIN. Dan untuk yang kedua kalinya akupun menyia-nyiakan kesempatan bagus.

  • Selang beberapa hari setelah tes SNMPTN, saya mengikuti SIPENMARU Poltekkes Bandung. Dan saya memilih jurusan Kebidanan dan Analis Kesehatan. Pada waktu itu pendaftar untuk jurusan kebidanan Bandung paling banyak tepatnya 967 pendaftar. Tidak seperti soal SNMPTN, soal masuk Poltekkes ini termasuk soal yang cukup mudah menurut saya. Dan seminggu kemudian akhirnya saya dinyatakan lulus tahap pertama Kebidanan Poltekkes Bandung, hah?Alhamdulilah ya Allah. Apa Engkau mengijinkan hambaMu ini untuk menjadi seorang bidan, apa saya ditakdirkan untuk menjadi seorang bidan. Dari sekitar 60 orang yang dinyatak lulus utama, saya berada pada urutan ke 16. Tanpa fikir panjang saya langsung melakukan daftar ulang pertama. Dan kemudian melakukan tes Psikotes dan Kesehatan. 
  • Karena saya kurang percaya diri ketika melaksanakan tes psikotes, akhirnya saya memutuskan mengikuti tes SMB POLBAN dan mengambil jurusan Administrasi Bisnis D4 dan Akuntansi Pemerintahan D4. Untuk yang kesekian kalinya saya pun dinyatakan lulus untuk jurusan Administrasi Bisnis D4. Karena waktu daftar ulang  POLBAN dengan pengumuman kedua Kebidanan diadakan pada hari yang sama, sehingga kali ini pun saya menolak kesempatan untuk kuliah di POLBAN, namun saya akhirnya mengambil kebidanan poltekkes, karena saya dinyatan lulus tes ke2 poltekkes. Alhamdulilah akhirnya saya dapat melihat jalan cerah untuk mencapai cita-cita mulia ini.
That is my extraordinary educational journey. Ada beberapa tips dari aku nih buat adik-adik yang uda menginjak SMA, yang uda mau ngerencanain buat dilanjutin kuliah. 
  • Buat adik-adik kelas X dan XI jangan sia-sia in waktu kalian dengan keseringan main, jangan mentang-mentang baru kelas X atau XI kalian jadi nyantai-nyantai aja belajar. Nilai raport mu sangat penting loh, bisa kamu gunakan buat masuk PTN maupun PTS melaui jalur SNMPTN Undangan dan jalur PMDK. Yang paling penting nilai rata-rata raport kamu setiap semesternya naik atau paling tidak stabil dan diatas KKM. Penilaiannya bukan seberapa besar nilai yang kamu dapet, tapi seberapa stabil nilai kamu setiap semesternya. Percuma aja kalo semester 3 nilai kamu 100 tapi semester 4nya nilai kamu turun drastis jadi 70 misalnya. Kalau ternyata turun, jangan ragu buat minta perbaikan ke guru mata pelajaran, kalau kamu rajin ngecek nilai kamu dan gak males perbaikan (kaya aku) gak akan mustahil untuk masuk PTN impian mu.
  • nah buat adik-adik yang uda kelas XII, selain menjaga kestabilan nilai raport sampai semester 5, kamu juga jangan males belajar buat persiapan SNMPTN tulis. Buat tes SNMPTN tulis tips saya sih banyak-banyak latihan TPA dan Matematika Dasar, karena soal-soal ini lumayan mudah untuk dikerjakan. Pengalaman saya nih, saya banyak in belajar MatDas, kalau bisa sampai expert lah, karena kalau kamu anak IPA yang pengen masuk jurusan di universitas yang seharusnya IPS (kaya saya), kamu dijamin pasti bisa ngerjain soal-soalnya matematikanya.
well, itulah curhatan ku tentang pengalaman pendidikan ku, dan beberapa tips buat lolos PTN / PTS favorit impian kamu.


Best Regards
Annies Shafira
A.B.L.E Developer








42 Responses so far.

  1. dian says:

    kak, waktu itu les dimana ? di jilc ? ambil apa ?

  2. Unknown says:

    Hi dian :) salam kenal,
    waktu itu kk les d Primagama, ambil kelas IPA, say :)
    sebenernya mau lembaga bimbel apapun yg d pilih gak terlalu mempengaruhi kok, yang penting niat ama tekad kita yg dibarengi kerja keras.
    kalau kakak pengalaman kk pribadi, bimbel cuman sebagai sarana bwt nanya soal2 yg blum kt bsa, sharing2 pengalaman, ama pengetahuan, selebihnya kk lebih banyak belajar mandiri d rumah...
    tapi setiap orang punya learnin style nya masing2 sih,
    tapi kk doa in mudah2an lancar belajarnya ya, semangat :D

  3. kaka waktu smanya suka rangkin keberapa ka ? aku masih takut nih buat lanjutin kuliah takut gak keterima duluan
    bls ya ka

  4. Unknown says:

    Hi salma, seneng bisa kenalan :D, maaf nih baru di bales, jarang buka lagi blog :D
    aduh ranking berapa ya, hehe
    fluktuatif sih sebenernya klo soal ranking waktu SMA, pernah sekali ranking ke 2 dan sekali ranking 3, selebihnya yah paling masuk 10 besar, gk spektakuler sih sebenernya.
    Lagian aku sih gk terlalu mempermasalahkan soal ranking, yang paling penting ada kemauan dan usaha yang real dari diri sendiri untuk bisa lulus masuk univ. dan sisanya ya kembali lagi ke tuhan :)
    Dan sekali lagi ranking itu kan cuman peringkat kita dari sekelas, yah kalo kebetulan temen2 kita lagi rajin2nya, dan kita lagi gak mood ujian, bisa aja kan kita kedepak sama yang lain, haha,
    tetep semangat Salma, eh gimana nih progress pilihan universitasnya? sudah sesuai harapankah? cerita2 ya :D

  5. Unknown says:

    aku juga pengen masuk kebidanan poltekkes nih kak, tapi ragu.. kebidanan itu serem ga yaaa soalnya kan pasti berhubungan bgt sama yg namanya melahirkan. terus kalo kebidanan di poltekkes itu kan d3, kalo mau lanjut s1 di bandung dimana kan bingung kak :(

  6. Unknown says:

    hai kak annies :D
    gatau kenapa, seneng bgt baca postingan kakak. tiba - tiba ngerasa bahagia haha
    mau minta usul kak :) buat persiapan tes ujian tulis poltekkes kebidanan bandung, selain pelajaran UN ada ga kak? makasiiih :)

  7. Anonim says:

    kakkk aku mau tanya, materi ujian poltekes itu apa sama kaya snmptn?ada matdas bahsa inggris, fisika , kimia, biologi juga kak>?

  8. Unknown says:

    tipe soal poltekkes kaya gimana sih share dong ka ?

  9. Unknown says:

    @putri Laras, yah namanya juga jurusan kebidanan, pasti intinya kan kita harus bisa nolong persalinan, serem sih nggak, tp kalian harus punya tekad yang kuat, gk usah khawatir takut gk bisa, kalian pasti bisa, fungsi kalian belajar kan bukan hanya soal teori aja, kalian bakal diasah dari berbagai aspek biar kalian bisa jadi lulusan bidan yang kompeten.kalau kalian ada tekad, pantang menyerah, niat yang kuat untuk jadi bidan yang baik, kalian pasti bisa kok, kakak uda buktiin sendiri, banyak banget perubahan positif dari diri kakak pribadi selama kuliah di poltek. iya klo kebidanan di poltekkes cuman D3 aja, tapi kalau putri punya niat buat lanjut s1, di bandung kebetulan belum ada, paling d Jawa baru ada di UNAIR ama UNBRAW. tp klo punya niat mau sampai S2, abis D3, bisa masuk d4 dlu ada d UNPAD & institusi kebidanan lain d bandung, baru lanjut S2 nya d unpad. semoga bermanfaat ya infonya

  10. Unknown says:

    @fanny despitawanda, seneng juga bisa berbagi pengalaman fanny. buat persiapan sih simple aja, coba kalian belajar soal-soal UN sampai "expert" lah, soalnya soal2 ujian tulis poltekkes gk terlalu sesusah SNMPTN (wktu jmn kk dlu. Coba cari soal2 uji tulis poltekkes yg dlu2 d mbah google, soalnya kk ngerasain soal2nya gk beda2 jauh dari taun ke taun. yg penting kalian harus bisa ngerjain semua mata pelajaran pokok, soalnya saingannya cukup banyak, klo kamu cuman expert di salah satu mata pelajaran aja, percuma aja kakak kira. klo pengen tau soal poltekkes ama mau nguji kemampuan kamu ngerjain soal2 uji tulis poltekkes kamu bisa ikut OHTOP (Open House & Try Out Poltekkes. 11 & 18 Mei 2014 di direktoratnya, coba kamu buka website nya... trus klo kamu uda positif lulus uji tulis, kamu tinggal siapin bwt psikotest ama tes kesehatan, uda deh, intinya sih klo uda lulus uji tulis kamu uda bisa lega, asal fisik kamu bagus, insyaallah lancar kok..., good luck !!!

  11. Unknown says:

    @anggi agustini, klo tipe soal sama kaya SNMPTN, menurut kk soalnya gk sesulit SNMPTN kok, trus soal2nya umumnya mirip dari taun ke taun, coba cari soal2 uji tulis poltek taun2 lalu. klo kalian bisa ngerjain soal2 umum SNMPTN, kk yakin kamu bisa, yg penting jangan cuma expert d satu mata pelajaran...., ganbatte :D

  12. Anonim says:

    Kak mau tanya, kalau tes D4 kebidanan unpad itu tipe soalnya kaga gimana ya? TPA dan saintek gitu ya kaya snmptn? Masih ragu nih, kayanya yg daftar banyak bnget u,u

  13. paul says:

    sis aku cowo bisa ikut bidan ga hihi

  14. Anonim says:

    kak,, kalo ngerjain soal poltekkes, ada nilai minus.nya nggak kyk SBMPTN??:(

  15. Kak, tahun ini saya baru lulus SMA. saya pnginnya ngambil ke pend.dokter lwt SBMPTN tahun ini, tapi saya juga ikut tes di poltekkes. hm... nggak mau nny sih, cuma mau minta do'a kakak aj agar saya bisa lulus dkedua ny kayak kakak. :D hehe.. keren gitu kan bisa milih, minimal biarpun blm masuk, udah bisa buat ortu senyum gitu. :)

  16. Kak, saya mau ikutan SMB Polban, itu prioritas saya sekarang,
    kmaren jg udh ikut SBMPTN ke ITB (yang sbenernya cita2 dri kecil) yah tnggal nunggu hasil.. saya jga ikut PCMB UIN SGD, kalo SNMPTN aku telat ikut karna negosiasi yang alot sama keluarga..
    kalo msalnya skarang baru mulai buat bimbel persiapan SMB Polban, bisa ga ya? kiat2 nya dong, atau mungkin punya chanel untuk itu?

  17. Unknown says:

    Kak tes kesehatan sama psikotest itu sudah pasti dinyatakan lolos atau tidak?

  18. Unknown says:

    @Ayu sebenernya untuk bisa dinyatakan lolos ya harus uda lulus semua tes, tes tulis dan termasuk tes psikotest ama kesehatan, tapi klo uda lulus tes tulis sih gk usah khawatir, asal fisik kamu sehat dan kamu PD ngerjain psikotestnya ya gk masalah. kebanyakan klo uda lulus tes tulis, ya psikotest ama tes kesehatan sih cuman formalitas aja, tp gk menutup kemungkinan juga klo fisik kamu gak mendukung untuk jadi tenaga kesehatan atau passion kamu buat masuk jurusan yang kamu pilih gk terlihat di psikotest yaa bisa aja kamu gk lolos..., tp jgn jd down loh, kya yg saya bilang td, gk usah khawatir klo uda lulus ujia tulis :D, good luck yaa

  19. Anonim says:

    Kak aku pengen ngambil jurusan keperawatan di unpad tapi aku dari ips bisa ga yah pake jalur snpmtn?:(

  20. Anonim says:

    POLBAN nya lewat snmptn tulis ya (skrg sbmptn). mau tanya soal-soalnya susah suah gak ya? harus diperbanyak belajar apa? dan kalau snmptn udangan kira2 bisa gak ya? kebetulan saya IPA. terimakasih :)

  21. ka biasanya kalo masuk akbid swasta di tes juga kan , terus masuk nya sesusah masuk poltekkes gak ka ?

  22. DITAEYANG says:

    kak, dikebidanan belajar apa aja?

  23. DITAEYANG says:

    kak, dikebidanan belajar apa aja?

  24. DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPUTER OFFICE, PHOTOSHOP, PROGRAMMING, DSB2 TANPA ANDA IKUT KURSUS (IKUT UJIANNYA SAJA)

    Syarat:
    (1) Membayar biaya administrasi normal.
    (2) Mengisi formulir Bio Data.
    (3) Pas Foto 4X6 atau 3X4 sebanyak 2 buah.
    (4) Datang sendiri untuk test / ujian ke

    LEMBAGA KURSUS KOMPUTER (STUDY ONLINE)
    - FGROUPINDONESIA -
    Jl. Parahyangan no.18, Komp. Panghegar Permai I,
    Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat, 40614.
    Telp.(022) 92800446 - 085795569337 / 085721261437
    Bandung Timur.

    (LOKASI MASUK DARI JALAN PANGHEGAR, ADA INDOMARET, DEPAN KOMPLEK MASUK SAMPE KE TK.SEJAHTERA, MOBIL BISA MASUK)

    Untuk peserta UJIAN ONLINE:
    (1) Mengirim Biodata melalui SMS ke Ibu Astri
    No. 085795569337 dengan format :
    NAMA#ALAMAT SEKARANG#TTL#JENIS UJIAN
    (2) Kirim Pas Foto (jpg) ke
    email training@fgroupindonesia.com
    (3) Test / ujian dilakukan secara Online.
    (4) Membayar biaya administrasi online.
    (5) Sertifikat akan dikirimkan melalui JNE/TIKI/POS.

    *)SERTIFIKAT berikut 7 lembar Copy legalisir selesai (dapat ditunggu) ± 1 hari.

    Tarif:
    1) normal : 300rb
    2) online : 450rb
    3) international : 500rb.

  25. Unknown says:

    Ka saya pengen banget ngrlanjutin ilmu keperawatan atau farmasi unpad jalur snmptn dan pngn dpt beasiswa.. :) tp saya masih sdkit ragu..takut nya saya salah milih jurusan .. :(

  26. ka aku dari dulu niat banget pengen jadi perawat, tapi 3 tahun yang lalu aku galau dan malah masuk smk jurusan komputer, tapi sekarang aku ikut snmptn keperawatan unpad. kira2 bisa ngga ya ka?:(

  27. Anonim says:

    kaka aku mau masuk ke poltekes bandung
    mau ngmbil jurusan keperawatan
    tpi aku takut gak keterima
    soalnya aku lwat jalur PMDP
    klo boleh tau nilai tertinggi jalur PMDP berapa ya ka ?
    mkasih......

  28. Unknown says:

    Ka kalau lewat jalur pmdp tahap seleksi nilai rapor kalau sudah diatas rata2 nilai yang ditentukan apa bisa lolos tahap 1?

  29. Anonim says:

    Hallo kak :) , aku mau nanya ni kak tes psikotest tu tesnya gimana ya kak ?? Sulit ga ? Soalnya aku mau masuk kebidanan tapi agak cemas dgn tes psikotestnya

  30. Unknown says:

    hai ka annies :) , aku pengen banget nih masuk poltekkes analis kesehatan. pengen minta saran untuk ngehadepin utul banyak2 blajar drimana yah ka? pengen banget lolos. TToTT

  31. Unknown says:

    Ka minta kontaknya dong... pliss,, mau nanya soal kk nolak snmptn itu.. katanya di blacklist sekolahnya? Apa bner ka?

  32. Ka, Poltekkes kan banyak ya, soal tes tulis antar Poltekkes 1 dengan yang lain sama atau berbeda? Dan waktu tes berapa % soal yang kk yakin dijawab dengan benar?

  33. Ka, Poltekkes kan banyak ya, soal tes tulis antar Poltekkes 1 dengan yang lain sama atau berbeda? Dan waktu tes berapa % soal yang kk yakin dijawab dengan benar?

  34. Unknown says:

    Kak, poltekkes ky sbmptn kah ada minus nya jga?? penilaian n kira" gimana yaa??

  35. ka mau tanya dong, soal poltekkes di tiap daerah sama atau beda? trus jumlah soalnya ada brpa? trus sistem penilaiannya gimana? kalo salah -1 ato gmna? mohon pencerahannya..

  36. ka soal soal masuk poltekkes lebih kaya UN ato SBMPTN?

  37. Unknown says:

    kak nilai kakak buat masuk poltekkes naik terus ya? dan itu seleksinya gimana ya kak?

  38. asslmkum ka mau tanya anak saya do dari d3 upi jur. teknik pemb.perumahan upi bandung ga sempet sidang atau ketinggalan sidang rencana mau lanjut nerusin ke polban d3 dengan melampirkan nilai transkripsi bisa ga ya ka? mohon pencerahannya.... aturnuhun ka.

  39. Reginaannisanf says:

    Kak mau nanya. Kalau masuk poltekkes bdg jurusan kebidanan ngmbil jalur rapot di lihat dr ranking nya atau bisa
    Dari nilai setiap semesternya? Mksh ka.
    Kalau bleh jujur aku belum pernH ranking tapi nilai ku gak ada yang di bawah kkm.

  40. kak mau tanya ,biasanya soal tes poltekes gelombang 1 dan 2 itu beda jauh gak sih, atau masih mirip2 soal gelombang ke 1 atau jauh beda ??

  41. Anonim says:

    kalo di poltekkes selama kuliah apakah ada tes himen ?

Leave a Reply

Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya.
Anonymous says:
Malu Bertanya, Sesat Di Jalan