Tutorial Menampilkan Objek Flash dalam PowerPoint

Posted by Unknown - -

        Di tutorial pertama ini, saya ingin membagi sedikit ilmu yang saya punya mengenai salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi presentasi besutan microsoft, yaitu Microsoft Office PowerPoint.
        Sedikit bercerita tentang masa SMA -masa yang menurut kebanyakan orang adalah masa-masa paling berkesan namun tidak menurut saya-, masa SMA yang saya alami adalah masa penuh dengan stress, masa penuh dengan persaingan, dan masa penuh dengan tugas. Ya, tugas, itulah salah satu alasan mengapa saya menulis tutorial ini. Tidak seperti sekolah-sekolah di Indonesia pada umumnya, sekolah saya menuntut murid-muridnya untuk dapat menguasai aplikasi PowerPoint ini, mengapa?. Ini karena setiap presentasi yang ditampilkan siswa, diharuskan untuk ditampilkan dalam bentuk powerpoint. Sehingga, ini mengharuskan saya untuk mengutak-atik aplikasi ini.
        Berlatar dari masa SMA saya, saya akhirnya memutuskan menulis tutorial ini, yaitu bagaimana menampilkan objek flash (.swf) dalam slide powerpoint. Saya sering melihat orang yang ingin menampilkan objek berekstensi .swf ini kedalam powerpoint mereka, namun kebanyakan tidak mengetahui caranya.
Well, untuk mempersingkat -singkat..??? :)- tutorial ini, saya mulai saja dengan membaginya dalam beberapa step.

  1. Cek terlebih dahulu menu bar anda, apakah sudah terdapat tab "Developer" atau tidak. 
     Apabila tidak ada, anda dapat memunculkannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
     Buka "Office button" > klik "PowerPoint Option" > centang "Show Developer Tab In The Ribbon" >"ok"

 
   2. Buka Developer tab > lalu klik icon "More Control" > maka akan terbuka jendela More Control,
       kemudian pilih "Shockwave Flash Object" > OK




   3. Setelah megklik button Ok, maka tampilan kursor akan
       menjadi  "+" itu artinya anda perlu membuat area/kotak
           yang akan menjadi tempat objek flash anda -buat sesuai
           ukuran objek flash anda-





      4. Cari objek flash anda di Windows Explorer, copy alamat tempat anda menyimpan objek flash. 
          Contoh:    C:\Users\Public\Documents\FlashKu
      5. Kembali ke PowerPoint > Klik
          kanan pada kotak yang
          sebelumnya anda buat > pilih
          Properties > Paste kan pada
          row Movie > dilanjutkan
          dengan mengetik nama dari
          objek flash anda -Ingat
          pengetikan nama objek flash
          harus sama persis dengan
          nama filenya, bila perlu anda dapat mengco-past langsung dari filenya- > diteruskan dengan
          mengetik ".swf" > Close
    Contoh : 
    6. Objek flash sekarang sudah dapat ditampilkan dalam slide anda!!!
HASIL


SELAMAT MENCOBA !!!

Leave a Reply

Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya.
Anonymous says:
Malu Bertanya, Sesat Di Jalan